Laman

Minggu, 06 Oktober 2013

Jilbab Bukan Aksesoris! Pakai Jilbablah Secara Syar'i


Jilbab, kalo kita ngomongin soal jilbab pasti terbayang mengenai penutup kepala yang dipakai para muslimah. Padahal arti dari jilbab itu sendiri bukan hanya menutupi kepala saja namun, menutupi seluruh tubuh yang merupakan aurat wanita, atau khimar+gamisnya. Nah, khimar ini adalah penutup kepala sesungguhnya.

Menutup aurat juga ada aturannya, gak boleh asal pake jilbab.Memakai jilbab harus didahului niat yang sempurna ingin benar benar menutup auratnya. Pakailah jilbab yang sesuai syariat atau syar'i.
Namun faktanya remaja sekarang kebanyakan menganggap remeh syar'inya suatu jilbab tersebut. Banyak yang menganggap pake jilbab harus fashion biar gak ketinggalan jaman dan akhirnya melenceng dari tujuan asli jilbab yakni menutup aurat. Boleh saja mengikuti mode asalkan tetap memegang teguh tujuan menutup aurat alias memakai jilbab yang masih tetap syar;i
Syarat syari menutup aurat :
- Busana wanita +hijab+jilbab harus menutupi aurat (seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan).
Jikalau anda melihat seorang muslimah di depan mahram ataupun umum memakai jilbab namun tidak memakai kaos kaki atau tidak menutupi kakinya sesungguhnya ini belum sah menutup seluruh auratnya.

“Hai Asma’, sesungguhnya wanita, apabila telah sampai tanda kedewasaan (haidh), tidak boleh terlihat bagian tubuhnya, kecuali ini dan ini (Beliau mengisyaratkan muka dan telapak tangannya).” (H.R Abu Daud, Al-Albani menghasankannya)

-Tidak ketat atau transparan .
Pakaian muslimah seharusnya tidak menunjukkan  lekuk tubuh. Contohnya banyak muslimah berhijab namun masih memakai celana jeans yang ketat. sesungguhnya pakaian ini belum menutup auratnya.. Sama juga dengan pakaian yang transparan, banyak muslimah yang memakai kerudung transparan sehingga rambut didalamnya terlihat, hendaknya ia memakai dalaman jilbab atau khimar sehingga tidak terlihat transparan.
-Hijab/penutup kepala/Kerudung harus menutupi dada.
Jika anda memakai penutup kepala namun masih menampkan leher dan juga bentuk dadanya ini juga belum sah. hendaknya pakai kerudung yang lebar dan panjang sehingga aurat dada dan rambut tertutup sempurna.

“…janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya,..” (An-Nur 31)

-Pakailah pakaian yang tidak terlalu mencolok (Polos lebih baik)
Jika anda perhatikan pakaian yang terlalu banyak aksesoris terlihat lebih ramai dan menurut saya terlalu berlebihan . Kesannya akan terlihat norak.boleh memakai akseoris namun janganlah terlalu berlebihan seperti banyak memakai manik manik di pakaian. atau apalah.Hal ini juga mengundang perhatian lawan jenis atau orang umum.
-Jangan memakai Parfum atau Mewangian berlebih.
Tujuannya untuk menghindari perhatian lawan jenis, banyak muslimah sekarang sudah menutup auratnya namun masih memakai parfum yang berlebihan . Hal ini di haramkan karena mengundang perhatian lawan jenis.
- Jangan ada niat untuk Tabaruj dan Pamer
Luruskanlah niat memakai jilbab hanya untuk Allah SWT bukan untuk mengikuti mode atau fashion , atau hanya ingin dilhat orang lain. Janganlah berdandan berlebihan untuk menarik perhatian lawan jenis.
- Hindari gaya punuk unta

Jangan mengangkat ikatan rambut terlalu tinggi kesannya seperti punuk unta.

“Akan muncul di akhir umatku, wanita-wanita yang berpakaian namun pada hakikatnya bertelanjang. Di atas kepala mereka terdapat suatu penaka punuk unta. Mereka tidak akan memasuki surga, dan tidak juga akan mencium aroma surga. Padahal bau surga itu dapat dicium dari jarak sekian dan sekian.” (H.R Muslim)


Lihat deh, jilbab wanita diatas udah syar'i, terlihat lebih baik kan?














Sumber :  http://yunaandwinter.blogspot.com/2013/06/jilbab-bukan-aksesoris-pakai-jilbablah.html

2 komentar:

  1. Wah bermanfaat bgt ya pakai hijab syarí. Sebenarnya saya dulu risih juga kalo pake hijab, tapi ketika pakai hijab dari PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG saya malah lebih suka karena mukenanya nyaman, lembut dan adem. Makasih ya mbak udah berbagi cerita...

    BalasHapus